Senin, 01 September 2014

Penemuan Hewan Landak Terkecil

Sebuah ekspedisi penelitian dan penggalian di situs cagar alam menemukan sebuah fosil hewan landak unik yang sangat kecil di salah satu sungai, di Kanada, membuat para ilmuwan tersentak. Betapa tidak. Fosil ini diduga adalah fosil hewan landak yang berukuran hanya dua inci, atau seukuran tidak lebih dari jempol orang dewasa.
Hewan landak mini itu di beri nama  Silvacola acares yang artinya si kecil penghuni hutan. Diperkirakan hidup pada 52 juta tahun lalu. Dia merupakan spesies pertama yang pernah ditemukan di tempat itu.

Ukuran membuatnya menjadi hewan paling kecil dari jenisnya yang pernah ditemukan dalam dunia sains. Saking kecilnya, bagian punggunnya hanya seukuran 1 milimeter. Tulangnya begitu halus sehingga para peneliti khawati fosil itu akan remuk jika diangkat dari tempatnya menempel.

Mereka pun memutuskan untuk membiarkan fosil tulang hewan itu tetap melekat pada batu tersebut. Para arkeolog itu mencoba melakukan pemindaian micro-CT untuk mengetahui jenis mamalia pemilik fosil ini. Penelitian masih terus dilakukan untuk melihat sejauh mana hewan ini memiliki rangkaian dan kaitan dengan hewan-hewan sejenis yang ada sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar