Kamis, 04 September 2014

Jepang Jadi Negara Orang Lanjut Usia

Orang tua Jompo di jepang
Jepang sebagai negara yang maju, memang bisa dicontoh dalam hal mengontrol Angka kelahiran dan penataan jumlah pendudukannya. Dalam beberapa tahun terakhir Jepang telah mengalami kemajuan dalam hal Program Keluarga berencananya, dengan jumlah kelahiran yang semakin menurun. Tetapi akibat angka kelahiran terus mengalami penurunan, jumlah anak-anak di Jepang terus mengalami penurunan. Sebaliknya, jumlah orang tua berusia di atas 65 tahun mencapai rekor tertinggi ditahun ini.

Diberitakan Channel News Asia kemarin, jumlah anak-anak di Jepang turun drastis kerekor terendah tahun ini. Menurut Kementerian Komunikasi di Urusan Dalam Negeri diperkirakan anak 16,33 juta anak-anak di bawah usai 15 tahun per 1 April 2014 lalu. Jumlah ini menyusut 160.000 orang dari setahun sebelumnya dan rimalkan akan semakin menyusut jika masih berjalan dengan sistem yang ada sekarang.

Ini adalah tahun ke-33 berturut-turut Jepang mengalami penurunan populasi dan 2014 adalah yang terendah sejak pencatatan dimual pada tahun 1950.

Diperkirakan pada 2060, jumlah orang tua di Jepang akan mencapai 40 persen, menjadikan Negeri Sakura itu sebagai negara lansia. Efek lebih banyak lansia membuat Jepang harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk pelayanan kesehatan terutama di panti-panti Jompo yang menampung para lansia dan pensiunan yang sudah lanjut usia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar