Kamis, 03 Desember 2015

8 ORGANISASI RAHASIA DI DUNIA YANG MENJADI MISTERI DAN DIANGGAP BERBAHAYA

Malam-begadang----Popularitas organisasi rahasia ini memuncak pada abad ke 18-19 Organisasi rahasia selalu mengundang keingintahuan, kekaguman dan ketidakpercayaan.  Misalnya, International Order of St. Hubertus, dibentuk oleh Count Anton von Sporck pada 1695 dengan beranggotakan bangsawan pemburu terbaik pada abad ke 17, khususnya di Bohemia, Austria dan Austro Hungarian Empire, yang dipimpin oleh Habsburgs. Namun, organisasi ini dibubarkan oleh Hitler karena menolak Hermann Goering masuk menjadi anggotanya.

Jaman dahulu, banyak organisasi rahasia ini yang digunakan untuk dialog terbuka tentang semua hal dari akademis hingga agama tanpa harus memikirkan pandangan pemerintah dan gereja. Bukanlah kebetulan bahwa Voltaire, George washington dan Ben Franklin adalah member aktif dari organisasi rahasia. Seperti jaringan radikal saat ini, kekuatan mereka adalah dari kebisaan mereka untuk tetap tidak dikenal dan melakukan komunikasi secara rahasia.

Rahasia yang membuat klub eksklusif ini banyak tidak dipercayai. Seperti yang ditulis oleh New York Times pada 1880 tentang Freemasonry “bahwa Freemasonry yang mencanangkan perang saudara, mengangkat Presiden Johnson dan masih banyak lagi, Freemasonry melakukan dan menutupi kejahatan yang tak terhitung jumlahnya.” Namun menurut Times bahwa artikel tersebut tidak bisa dipercaya.

Banyak organisasi rahasia yang sangat terkenal, yaitu Odd Fellowship, Knights of Labor, Greek Alphabet, Order of Skull and Bones, Freemasons, Rosicrucians, dan Illuminati. Namun, ada pula organisasi rahasia yang kurang terkenal. Berikut cerita 8 organisasi rahasia yang kurang terkenal itu:


The Improved Benevolent and Protective Order of Elks of the World

Organisasi ini mencuat pada 1907 karena terdapat artikel yang menuliskan tentangnya yang di klaim oleh anggota dan staff nya bahwa organisasi ini adalah salah satu yang paling rahasia diantara organisasi Afro-Americans lainnya di kota Seattle.

download
Berawal di Ohio tahun 1899 ketika dua orang berkulit hitam ditolak masuk organisasi Benelovent and Protective Order of Elks of the World, yang hingga saat ini masih popular. Akhirnya mereka berdua mencanangkan untuk membuat organisasinya sendiri dengan tujuan menjadi pusat dari komunitas kulit hitam. Organisasi yang di beri nama the Improved Benevolent and Protective Order of Elks of the World ini diterima dengan baik dikalangan kulit hitam dan kuilnya menjadi salah satu tempat kulit hitam dapat bersosialisasi pada saat era segregation. Saat ini organisasi ini memiliki banyak program di bidang sosial di seluruh dunia.


The Grand Orange Lodge

Diberi nama oleh Prince William III (the Prince of Orange), The Grand Orange Lodge, biasa dikenal dengan Orange Order, didirikan di Utara Irlandia setelah Perang Diamond berakhir. Tujuan organisasi ini adalah untuk melindung Protestan. Oleh karena itu, organisasi ini dianggap ilegal karena banyak menyusun rencana-rencana ilegal.

grandorangelodgescotland
The Grand Orange Lodge saat ini masih ada di dalam klub-klub di Irlandia dan juga di seluruh dunia. Anggota prospektifnya tidak harus bersumpah, mereka hanya harus yakin dengan prinsip yang diberlakukan dan juga loyal dengan negara mereka.
Apakah mereka anti Roman Catholic? Menurut mereka, organisasi mereka adalah organisasi yang positif dan bukan negatif. Organisasi ini mempromosikan keyakinan terhadap Injil.

The Independent Order of Odd Fellows

fullshield
Tidak diketahui kapan organisasi ini berdiri. Namun menurut satu catatan, organisasi ini berdiri pada 1812 dan menyebutkan nama George IV.

George IV ini memiliki gelar Prince Regent of the United Kingdom adalah anggota dari Freemasons. Namun, dikarenakan kerabatnya yang juga mengingkan untuk masuk ke Freemasons tanpa harus melalui inisiasi yang rumit dan panjang itu ditolak, akhirnya George IV keluar dari organisasi itu dan berikrar untuk membentuk organisasi untuk melawan Freemasons.

Sesuai dengan harapan George IV bahwa organisasi ini masih bertahan hingga saat ini, termasuk perdana menteri Inggris Winston Churchill dan Stanley Baldwin adalah anggotanya.
Prinsip dari the Odd Fellows adalah persahabatan, cinta dan kebenaran. Di sinagog organisasi ini dihiasi oleh tengkorak manusia asli, yang digunakan untuk inisiasi anggota baru yang bertujuan untuk mengingatkan anggotanya dengan ketidak-kekalan.


The Knights of Pythias

The Knights of Pythias didirikan oleh Justus H. Rathbone, seorang pegawai pemerintah di Washington DC pada 1864. Organisasi ini didirikan karena kurangnya rasa persahabatan saat itu, mengingat saat itu terjadi perang saudara. Dengan organisasi ini, diharapkan akan menebarkan rasa persahabatan dan cinta sehingga meredam perang.

AutoEmbKP90KNIGHTSOFPYTHIASsingle
Nama organisasi ini diambil dari legenda Yunani, Damon and Pythias, yang mana mencerminkan persahabatan. Semua anggota organisasi ini terdiri dari pegawai pemerintah dan merupakan organisasi pertama yang disewa oleh pemerintah.

Warna dari the Knights of Pythias adalah biru, kuning dan merah. Biru melambangkan persahabatan, kuning mencerminkan kedermawanan dan suka menolong, dan merah diartikan sebagai kebajikan.
The Knights of Pythias saat ini masih aktif menjadi mitra dari Pramuka/Boy Scouts of America, yang merupakan organisasi kedua yang disewa oleh pemerintah Amerika.


The Ancient Order of the Foresters

foresters

The Ancient Order of the Foresters didirikan pada tahun 1834 dan sekarang dikenal dengan nama Foresters Friendly Society. Organisasi ini didirikan sebelum munculnya asuransi kesehatan di Inggris. Sehingga tujuan dari organisasi ini adalah untuk memberikan tunjangan kesehatan kepada kelas pekerja yang menjadi anggotanya.

Pada 1874, cabang Amerika dan Kanada meninggalkan organisasi ini dan mendirikan organisasi sendiri dengan nama the Independent Order of the Foresters.
Calon anggota yang ingin bergabung dengan organisasi ini harus lolos melewati tahapan tes, seperti tes kesehatan yang dilakukan oleh physician terkemuka.

Saat ini, organisasi ini masih memberikan tunjangan kepada anggotanya dan juga menjadi mitra untuk beberapa community services.


The Ancient Order of United Workmen

Aouw-logo
the Ancient Order of United Workmen didirikan oleh John Jordan Upchurch dan 13 orang lainnya di Pennsylvania pada 1868. Tujuan organisasi ini adalah memperbaiki kondisi dari kelas pekerja. Organisasi ini menawarkan perlindungan bagi anggotanya. Jika salah seorang anggota meninggal dunia, maka anggota yang lain akan memberikan kontribusi dalam bentuk uang kepada keluarga. Biasanya akan terkumpul dana sekitar $2000. Organisasi ini sudah dibubarkan. 

The Patriotic Order Sons of America

index--element45

The Patriotic Order Sons of America menjadi salah satu organisasi patriotik yang paling progresif, paling popular, paling berpengaruh dan juga terkuat di Amerika Serikat pada abad ke-20.

Pada tahun 1891, organisasi ini menolak untuk menghapus kata “white” di undang-undangnya karena hal itu akan membuat orang kulit hitam bisa mendaftar. Saat ini, organisasi ini menerima semua orang yang merupakan laki-laki asli Amerika atau Amerika naturalisasi berumur minimal 16 tahun ke atas, yang pecaya dengan negara dan undang-undangnya, yang ingin mengabadikan negara bebas dan ingin mendorong persahabatan diantara warga Amerika.


The Molly Maguires

MolliesHistMarker

Pada tahun 1870, 24 pekerja dan supervior perusahaan tambang di Pennsylvania dibunuh. Yang menjadi tersangka adalah organisasi rahasia the Molly Maguires.

Merupakan organisasi dengan asal Irish yang dibawa ke Amerika Serikat oleh imigran Irish. Organisasi ini mendapatkan namanya karena anggotanya menggunakan pakaian wanita untuk menyamar saat melakukan tugas ilegalnya. Tugas ini termasuk pembakaran dan ancaman pembunuhan.

Organisasi ini akhirnya bubar setelah dimasuki oleh mata-mata dari Pinkerton Detective Agency, yang disewa oleh perusahaan tambang tersebut untuk menyelidiki organisasi ini. Dua puluh anggota organisasi ini dihukum mati dengan digantung.


The Order of the Sons of St. George adalah organisasi rahasia lain yang didirikan pada 1871 yang tujuannya berlawanan dengan the Maguires, juga menghilang.

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar