Sabtu, 04 Juli 2015

Macam-Macam Jenis Dan Nama-Nama Batu Akik

Di Indonesia telah berkembang trent beberapa jenis Batu akik, penomena batu akik semakin merebak tahun 2014 - 2015 ini dengan hadirnya beberapa jenis nama batu akik lokal khas Indonesia yang mencuat pamornya. Sebut saja batu Akik Red Borneo dan Green Borneo yang semakin banyak dicari orang karena keindahannya.  

Sebenarnya dari jenis-jenis batu akik itu, beberapa nama telah diperkenalkan. Sebagian besar terdiri dari kata sifat berdasarkan ciri-ciri, daerah atau taksiran jenis batu akik tersebut – misalnya ada batu akik api. Selain itu, batu akik dan agatized telah diterapkan, meskipun tidak tepat, bahan sebagian besar kalsedon yang tidak banded atau batu akik lumut. Secara umum jenis dan nama-nama batu akik tersebut dapat dilihat dalam nama-nama beserta keterangan asal dan tempat terkenal batu akik di bawah ini :

(1). Aggos – 
Aggos atau Nama pasaran yang diberikan dari hasil irisan tipis agate dari daerah Yellowstone River of Montana Timur yang telah diasah untuk memberi mereka satin – yaitu, rendah matte seperti, daripada dipoles – permukaan. Lapidaries berpikir permukaan seperti yang lebih baik menunjukkan pola yang agate ‘dan warna dari permukaan dipoles lakukan (Johnson et al., 1999, hal.210).

(2). Amberine –
Amberine atau batu akik hijau kekuningan yang di nyatakan berasal dari Death Valley, California.

(3). Blood agate
Darah batu akik – merah darah, merah muda atau salmon berwarna batu akik dari Utah.

(4). Brecciated agate –
Terbreksikan batu akik – breksi fragmen yang lebih besar dari yang batu akik: Nama batu akik mosaik dan merusak batu akik juga telah diberikan kepada beberapa batu akik retak dan rehealed.

(5) Cloud agate –
Cloud batu akik – abu-abu muda dan off-white kalsedon dengan pola keseluruhan yang kira-kira menyerupai awan. Contoh Saya telah melihat tampaknya tidak sesuai definisi yang diterima secara luas batu akik; eksternal, massa saya telah melihat menyerupai telur guntur.

(6) Conachatae –
Conachatae – batu akik dengan “inklusi dari cacholong opal diatur patch sebagai kerucut” (Mitchell, 1985).

(7) Condor agate –
batu akik Condor – nama dagang untuk lebih “berwarna-warni [akik], merah dan cokelat yang baik, dll … dari Patagonia” (Pough, komunikasi pribadi, 1998).

(8) “Coral sea” agate –
“Coral laut” batu akik – nama dagang untuk doublet renda batu akik di atas pirus reconsituted (Overton, 2012).

(9). Dentritic agate –
Dentritic batu akik – batu akik dengan inklusi atau pelapis dendrit. Lihat juga lumut batu akik di daftar ini.

(10). Dot agate – 
Dot batu akik – keseluruhan istilah yang diberikan kalsedon yang berisi spheroids yang muncul sebagai bintik-bintik pada permukaan bidang; lihat juga Polka-dot batu akik di daftar ini dan Batu St Stephen di bawah NAMA LAIN subpos dalam entri kalsedon.

(11) Eye agate –
akik Mata – batu akik dengan bergantian, band warna konsentris. Istilah batu akik bundar dan Aleppo batu juga telah diterapkan untuk agate tersebut, dan agate dengan dua “mata” telah disebut sebagai mata lembu dan burung hantu-mata agate. (batu akik cincin lih.) Banyak agate dipasarkan sebagai batu akik mata pameran “mata” mereka – yaitu, banding konsentris – hanya karena mereka memiliki sekitar bulat puncak diameter yang tegak lurus terhadap banding dari batu akik tipis-banded biasa kasar dari mana mereka dibentuk; fakta ini cukup jelas ketika kita memeriksa kelereng akik (lihat, misalnya, http://www..marblealan…com/nonglass.).

(12). Fancy agate –
Fancy batu akik – istilah kadang-kadang digunakan untuk agate menunjukkan pola biasa rumit.

(13). Fire agate
batu akik Api (kadang-kadang disebut sebagai batu akik warna-warni atau rainbow batu akik) – untuk beberapa orang, ini adalah berbagai non-batu akik dari kalsedon; meskipun mungkin dikatakan bahwa batu akik peruntukannya mungkin telah didasarkan pada susunan berlapis inklusi yang bertanggung jawab untuk permainan warna, tampaknya lebih mungkin itu dinamakan demikian sebagai taktik pasar. Dalam kasus apapun, seperti namanya, beberapa orang melihat penampilan keseluruhan sebagai menyerupai pembakaran bara. Hal ini warna-warni – misalnya, batu kualitas baik menunjukkan kombinasi beragam merah, ungu, oranye, warna hijau, kuning dan coklat. Sebagai contoh daerah batu akik api, Sweaney (1979) menyebutkan kejadian di wilayah Sonora Desert Meksiko utara dan selatan Arizona (misalnya, pada Saddle Mountain, dekat Tonopah, Maricopa Kabupaten dan dekat Safford, Graham kabupaten) dan juga dari Basin Pusat Meksiko.

(14) Flame agate –
api batu akik – Dua agate sangat berbeda telah dipanggil api batu akik dalam literatur. Johnson dan Koivula (1998) meninjau dan ilustrasi halus kini keduanya. Berikut, dengan kutipan yang bersangkutan dari Johnson dan Koivula (yaitu, tidak directely dari Sinkankas dan Macpherson) menjelaskan secara singkat penampilan dari agate tersebut.

1. John Sinkankas (1959) dijelaskan api batu akik sebagai “sangat tembus, batu akik berwarna dengan beberapa band akik khas, melainkan mengandung garis-garis panjang atau ‘api’ dengan warna merah terang” (lihat Johnson dan Koivula, op cit., Gambar . 4 dan 5). Materi yang dijelaskan berasal dari Villa Ahumada, Chihuahua, Meksiko.

2. HG Macpherson (1989) menerapkan batu akik api istilah untuk “batu akik dari setiap warna yang pola menyerupai api lilin” (lihat Johnson dan Koivula, op cit., Gambar. 3). Banyak agate dari berbagai daerah di seluruh dunia, jika benar kuno, dapat ditunjuk sebagai api batu akik di bawah definisi ini.
Fortifikasi batu akik – batu akik dengan band-band yang menyerupai benteng (dll) dari benteng kuno – cf. batu akik hadiah pertama dan kehancuran batu akik. Yang perlu diperhatikan fortifikasi batu akik telah dikumpulkan dari Empat Juli Puncak, dekat Hassayampa, Maricopa County, Arizona.

(15). Frost stone (or frost agate) 
Batu es (atau es batu akik) – kalsedon abu-abu tembus yang berisi sporadis massa salju seperti. Sebuah kejadian penting adalah di Gurun Mojave California.

(16). Hokkaido agate –
Hokkaido batu akik -. Keseluruhan “coklat ke abu-abu batu nodular … dari utara … Kepulauan Jepang Pusat batu memiliki banding fortifikasi tajam yang memadukan ke bulat banding sasaran banteng di sekitar protions luar … biasanya dicelup menyerupai [merah untuk kayu manis-coklat] akik (Messchært, 1966-1967).

(17). Hokkaido agate –
(17). Hokkaido batu akik -. Keseluruhan “coklat ke abu-abu batu nodular … dari utara … Kepulauan Jepang Pusat batu memiliki banding fortifikasi tajam yang memadukan ke bulat banding sasaran banteng di sekitar protions luar … biasanya dicelup menyerupai [merah untuk kayu manis-coklat] akik (Messchært, 1966-1967).
Iris batu akik – batu akik dengan band-band yang sangat tipis yang ternyata lentur sinar cahaya, seperti kisi-kisi difraksi tidak, sehingga menunjukkan spektrum warna. Iris agate telah direkam dari beberapa tempat di California; sekitar Challis, Custer County, Idaho; dekat Red Hill, Caron County, New Mexico; di Antelope, Waco County, Oregon; dan di sepanjang tepi Sungai Yellowstone, Montana.

(18). “Japanese jade” –
“Giok Jepang” – nama kadang-kadang diberikan “buram, nonvitreous, putih susu batu akik dengan bayam hijau bercak-bercak (Messchært, 1966-1967).

(19). Jasp agate 
Jasp batu akik (batu akik jasper, Jasp fleuri, dan jasponyx) – Nama bahan kadang-kadang diberikan yang dianggap baik 1. penengah antara jasper dan batu akik; atau 2.to terdiri dari band-band dari kalsedon transparan dan jasper subtranslucent.

(20). Lace agate – 
Akik renda – tembus biru dan putih kalsedon banded; Akik renda yang menyerupai batu bulan disebut sebagai biru Akik renda di beberapa outlet pasar. Tiga bidang sumber yang Imperial County, California, daerah Balmorhea of Texas dan Namibia (sebelumnya Afrika Selatan Barat). Juga, renda batu akik gila telah dicatat dari beberapa daerah di negara bagian Chihuahua, Meksiko.

(21). Laguna agate –
Laguna batu akik – nama dagang untuk “sangat berwarna-warni Meksiko akik” (Pough, komunikasi pribadi, 1998) dari, misalnya, Eijido Ojo Laguna, Chihuahua, Meksiko.

(22). Lake Superior agate –
Lake Superior batu akik – nama yang sering diberikan kepada agate ditemukan dalam atas Midwestern AS traprock massa, misalnya, Michigan Keweenaw Peninsula dan terkonsolidasi pantai dan deposit glasial yang berasal dari batu-batu (Robinson, 2001). Lihat juga Bayangan batu akik.

(23) Lantana –
Lantana – Nama luas diterapkan untuk banded batu akik, kalsedon dan jasper ditemukan sebagai manik-manik yang diproduksi di Ilorin, Nigeria selama abad ke-19 dan ke-20 (Lui, 1995).

(24). Mosaic agate –
Batu akik Mosaic – lihat batu akik terbreksikan. Sayangnya istilah ini juga telah diterapkan untuk beberapa terbreksikan “onyx Meksiko” (lihat entri travertine).

(25). Moss agate (Mocha stone or mocha stone) –
Moss batu akik (batu atau batu Mocha mocha) – subtransparent untuk subtranslucent, putih, abu-abu terang, kekuningan atau kehijauan batu akik dengan hijau dan / atau coklat menjadi oksida besi hampir merah dan / atau hitam mangan oksida inklusi arborescent yang menyerupai lumut, pohon-pohon dan / atau lanskap. Secara historis, penetapan ini lumut batu akik telah berkembang sebagai berikut: 1.Appatently itu awalnya diterapkan untuk kalsedon dengan inklusi dendritik hijau. 2.Subsequently, itu diperluas untuk mencakup kalsedon dengan inklusi dendritik kemerahan. 3.Later, itu diperpanjang untuk memasukkan kalsedon dengan dendrit hitam, seperti yang disebut sebelumnya Montana batu akik. [dan] 4.Today, sebagian besar, jika tidak semua, kalsedon dengan salah satu jenis inklusi secara luas disebut sebagai batu akik lumut. Beberapa agate genre ini, bagaimanapun, telah diberikan pengubah kata sifat tambahan yang berkaitan dengan apapun bentuknya dianggap menyerupai – misalnya, buket, dendritik, bunga, India, lanskap, nyamuk, dicat, indah, rumput laut, pohon, dan bahkan kata sifat kurang menarik nyamuk, nyamuk dan nyamuk. Agate lumut Beragam telah lama dikaitkan dengan Hindustan; Yellowstone National Park, Wyoming; dan tempat tidur Sungai Yellowstone di Montana – misalnya, dekat Glendive, Dawson County, Montana.

(26). Mushroom agate –
Jamur batu akik – cabochons, manik-manik dan liontin telah dipasarkan secara luas sebagai sebagai jamur batu akik, jasper jamur dan riolit jamur, yang dikatakan telah bermetamorfosis. Semua, jika memang tiga yang berbeda dibentuk ada, dikatakan berasal dari Arizona. Saya telah melihat foto-foto hanya salah satu, dan semua tampak hampir bahan yang sama. Dalam kasus apapun, foto-foto yang menunjukkan pola yang menyerupai jamur pada permukaan dipoles.

(27). Occidental agate –
Occidental batu akik – istilah ini kadang-kadang digunakan untuk batu akik berkualitas rendah.

(28). Onyx (also onyx agate) –
Onyx (juga onyx batu akik) – tegasnya, kasar banded batu akik – lihat kalsedon dan ONYX entri.

(29). Pagoda stone –
Pagoda batu – batu akik ditandai dengan gambar yang menyerupai pagoda. Sayangnya, penetapan ini juga telah diterapkan untuk batuan lainnya dan replika resin dari beberapa dari mereka yang kira-kira menyerupai pagoda bertingkat – misalnya, batu gamping fossil tertentu (lihat entri marmer); secara diferensial lapuk batuan tipis berlapis, seperti interlayered besi-kaya dan begitu-to-berbicara batupasir besi bebas; dan apa yang disebut “menara ditumpuk” batu relatif datar. Selain itu, berbagai giok (qv) dan agalmatolite (lihat LAMPIRAN A), yang digunakan di Cina untuk ukiran pagoda dll, sering disebut pagodaite.

(30). Palm root agate –
Palm akar batu akik – lihat ROCKS fossil entri.

(31). Pigeon blood agate –
Pigeon batu akik darah – batu akik merah dan putih mendalam dari Cisco, Utah.

(32). Plume agate –
Plume batu akik – jenis khusus batu akik lumut yang sebagian besar terdiri sebagian besar dari hampir tidak berwarna atau berwarna terang, biasanya kebiruan, batu akik dengan disertakan sporadis merah, kuning, coklat kekuningan atau ungu berbulu-muncul massa, beberapa di antaranya menyerupai bulu Kuntul. The “bulu” dari agate tersebut dari sejumlah daerah yang berbeda telah berbagai cara dikatakan terdiri dari atau berpigmen oleh gutit, oksida mangan yang beragam atau kombinasinya, realgar dan / atau orpiment. Beberapa batu akik membanggakan terutama dipelajari dengan baik terjadi dalam telur guntur Saguache County, Colorado (Kile, 2002, dan lihat gambar A di THUNDER masuk TELUR). Contoh baik lainnya telah dikumpulkan dekat Prineville, Crook County, Oregon dan selatan Alpine, Brewster County, Texas.

(34). Polka dot agate –
Polka dot batu akik – batu akik lumut tembus dengan warna merah kecil, kuning atau coklat termasuk massa yang meminjamkan polka dot penampilan, terutama pada dipoles permukaan yang relatif datar.

(35). Pom pom agate – 
Pom pom batu akik – batu akik yang mengandung cluster pufflike.

(36). Riband agate (also called ribbon agate) –
Hadiah pertama batu akik (juga disebut pita batu akik) – batu akik dengan band-band yang relatif luas.

(37). Ring agate – 
Cincin batu akik – batu akik menunjukkan pita warna konsentris – cf. batu akik mata. Selain itu, bagaimanapun, istilah “cincin batu akik” sering digunakan di pasar untuk mengacu pada setiap batu akik yang diatur dalam cincin (jari, telinga, dll).

(38). Rogueite –
Rogueite – susu lumut batu akik putih dengan inklusi hijau dari lembah Rogue River of barat daya Oregon.

(39). Ruin agate –
Ruin batu akik – Nama diterapkan dengan berbagai, misalnya, batu akik lanskap yang menyerupai reruntuhan kuno dan batu akik terbreksikan.

(40). Saginitic agate – 
Batu akik Saginitic – nama diterapkan untuk agate dicirikan sebagai termasuk “acicular, atau seperti jarum, pertumbuhan mineral” (lihat ilustrasi di Mc.Mahon, 1999).

(41). Shadow agate –
Bayangan batu akik – agate wilayah Danau Superior yang datar, permukaan dipoles tampak bergelombang atau memiliki daerah gelap, beberapa di antaranya telah disebut “lubang hitam.” Sukow (1999) menawarkan hipotesis untuk menjelaskan fitur ini, dan menunjukkan bagaimana seseorang mungkin melihat efek ini dalam bahan baku.

(42). Shell agate –
Shell batu akik – keliru diterapkan pada cangkang moluska silisifikasi – lihat Turritella batu akik di fossil ROCKS entri.

(43). Snake skin agate –
akik kulit Ular   – istilah yang digunakan untuk kedua karang silisifikasi dan nodul kalsedon yang permukaan kasar menyerupai pola bersisik kulit beberapa ular ‘- lihat fossil ROCKS entri.

(44). Star agate – 
Batu akik Star – batu akik yang menunjukkan bentuk-bentuk kasar bintik dan tutul berbentuk bintang.

(45). Swiss lapis – 
Lapis Swiss – nama pasar diberikan kepada beberapa batu akik yang telah dicelup biru menyerupai lapis lazuli.

(46). Topographic agate –
Batu akik Topografi – batu akik menunjukkan garis yang menyerupai garis kontur pada peta topografi.

(47). Vistaite –
Vistaite – nama yang diberikan untuk lumut batu akik dan juga beberapa jasper dari sekitar Prineville, Crook County, Oregon.

(48). Wood agate –
batu akik Kayu  – kayu silisifikasi yang menunjukkan banding agatelike. Sayangnya, istilah ini juga telah diterapkan, meskipun salah, beberapa kayu silisifikasi yang kalsedon dan / atau jasper tanpa pita mirip dengan yang merupakan karakteristik dari batu akik.

(49). Zigzag agate – 
Zigzag batu akik – batu akik ini memiliki tampilan permukaan setelah dipoles yang menunjukkan pola garis zigzag.


Sumber : agate_agate.com / dari berbagai sumber,.

Baca juga Khasiat dan Manfaat Batu akik Menurut Warnanya di sini !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar